Warga Sukajadi Hampir Bentrok Dengan Pihak Keamanan PT.Semen Baturaja Saat Ingin Menyampaikan Aksi Damai.

Spread the love

Baturaja,elangmasnews.com||Sekitar Pukul 10:00 wib, Rombongan Aksi demonstrasi yang dilakukan Forkomsob ( Forum Komunikasi Masyarakat Sukajadi Oku Bersatu ) bergerak menuju halaman kantor humas PT.Semen Baturaja dengan di kawal oleh pihak keamanan dalam untuk menujuh tempat yang telah di sepakati dan langsung di cegat dan hadang oleh pihak keamanan PT.Semen Baturaja,sehingga menimbulkan sedikit adu argumen bahkan hampir adu fisik antara pihak aksi dan pihak keamanan dari PT. Semen Baturaja dengan masyarakat Sukajadi.

Dengan penghadangan tersebut sangat miris bagi kami selaku putra asli sukajadi yang di hadang dan tidak di perbolehkan masuk kedalam untuk menyampaikan aksi damai,kami masuk bukan untuk anarkis,bukan untuk mencuri,atau merusak sebagainya,kami masuk hanya untuk menyampaikan aksi damai yang tertuang dan di atur oleh undang-undang kami sangat kecewa dengan penghadangan tersebut oleh pihak keamanan dari PT.Seman Baturaja.

Dalam Aksi tersebut dari Forkomsob ini dipimpin oleh Rico S Armahesa S.I.Kom ,dan didukung oleh Masyarakat Sukajadi,Rico juga menyatakan sangat kecewa dan prihatin terhadap langkah langkah yang dilakukan oleh pihak PT.Semen Baturaja TBK,yang menaungi anak perusahaan dan perusahaan yang terafiliasi dalam perekrutan dan penerimaan tenaga kerja yang tidak selarah dengan tujuan pemerintah daerah kabupaten Oku yakni perdayaka tenaga kerja lokal.

Rico R Armahesa S.I.Kom, menyatakan bahwa Demonstrasi ini merupakan respons terhadap ke tidak puasan mereka terhadap pelayanan dan hubungan tenaga kerja di PT.Semen Baturaja. Mereka ingin agar aspirasi mereka, terutama yang terkait dengan pekerjaan, segera direalisasikan.

“Jhonwen juga yang mewakili tokoh masyarakat Sukajadi juga menyuarakan beberapa tuntutan termasuk perhatian terhadap tempat ibadah, kesehatan, distribusi sembako, dan alokasi dana CSR untuk masyarakat Sukajadi juga meminta peningkatan peluang kerja di PT Semen sesuai dengan keterampilan dan keahlian mereka.

“Herdi yansyah yang mewakili dari forum RT/RW sukajadi juga menyampaikan permintaan tentang pengadaan tanah pemakaman ( TPU ) bagi warga Sukajadi,Karna selama ini kelurahan Sukajadi tidak ada pemakaman khusus untuk warga kelurahan sukajadi,dengan jumlah penduduk lebih kurang dari 9.400 jiwa yang terdiri dari 27 RT dan 11 RW,ia sangat berharap kepada pihak PT. Semen Baturaja untuk dapat menyediah tanah pemakaman umum ( TPU ) yang merupakan bentuk kontribusi dari PT.Semen Baturaja untuk masyarakat Kelurahan Sukajadi.

Forum Komunikasi Masyarakat Sukajadi Oku Bersatu menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan PT Semen Baturaja guna mencari solusi atas permasalahan ini. PT Semen menanggapi bahwa mereka akan mempertimbangkan tuntutan tersebut sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku.

Pihak Manajemen PT Semen Baturaja ( Eko ) berjanji akan berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk memahami keinginan masyarakat dan mengalokasikan sumber daya sesuai dengan prosedur yang ada. Mereka juga berharap agar ada koordinasi yang lebih baik untuk mencegah aksi demonstrasi yang lebih ekstrem kedepannya.

Dalam mediasi antara pihak manajemen PT semen dengan Masyarakat Sukajadi Wakapolres Oku Kompol Parida menyarankan pentingnya komunikasi dan koordinasi yang baik antara semua pihak untuk mencapai kesepakatan yang memuaskan agar sama sama dapat menciptakan suasana Kamtibmas diwilayah hukum polres OKU.

Perundingan akan dilanjutkan dalam satu minggu ke depan, dan jika tidak ada kesimpulan atau realisasi dari PT Semen, demonstrasi lebih lanjut tidak dapat dihindari. Rico menegaskan bahwa mereka bersedia mengambil langkah lebih ekstrim jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Reporter : Herdi Anca


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights