Rehabilitasi Di SMP III Blanakan dan di SDN Sumur Sapi Kecamatan Blanakan Pengerjaannya diduga Asal – Asalan dan banyak Kejanggalan

Spread the love

BLANAKAN, SUBANG ,ElangMasNews.Com – LSM ELANG MAS pada hari Senin ( 01/09/2024 ) telah melakukan Pengawasan Kegiatan Rehabilitasi Toilet/Jamban beserta sanitasi di SMP III Blanakan Desa Langen sari dan Pekerjaan Rehabilitasi Ruang Perpustakaan dengan tingkat Kerusakan minimal Sedang di SDN Sumur sapi Desa Tanjung tiga Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan oleh CV Fatra Jaya.

Kegiatan Rehabilitasi yang dilaksanakan di SMP III Blanakan oleh CV Fatra Jaya meliputi Pekerjaan Rehabilitasi Toilet / Jamban beserta Sanitasi nya,dengan nilai anggaran sebesar Rp. 109.300.000 ( Seratus Sembilan Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah ), sumber Anggaran berasal dari Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Pendidikan Tahun Anggaran 2024,Waktu Pelaksanaan 90 ( Sembilan Puluh ) hari Kalender, nomor Kontrak : 900.1.3/SPK.75/SMP.24/PPK/DISDIKBUD/2024.

Sedangkan Kegiatan Rehabilitasi Di SDN Sumur Sapi yang dilaksanakan oleh CV Fatra Jaya berupa Pekerjaan Rehabilitasi Ruang Perpustakaan dengan tingkat Kerusakan minimal Sedang,nilai Anggaran Rp. 127.950.000 ( Seratus Dia Puluh Tujuh Juta Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah ), Sumber Dana berasal dari APBD Subang Tahun Anggaran 2024,Waktu Pelaksanaan 90 hari Kalender, Nomor Kontrak : 900.1.3/086-SPK.0011/BID.SD/2024.

Menurut Wakil Ketua I Divisi Investigasi DPP LSM ELANG MAS Abdurrahman yang melakukan Pengawasan terhadap Kegiatan tersebut,menyampaikan,bahwa Pelaksanaan Rehabilitasi pada 2 ( Dua ) Sekolah baik di SMP III Blanakan Maupun di SDN Sumur Sapi,pengerjaannya diduga asal – asalan dan terdapat beberapa Kejanggalan.

Kejanggalan yang ditemukan oleh Wakil Ketua I Divisi Investigasi DPP LSM ELANG MAS diantaranya,Para Pekerja dalam melakukan Pekerjaan tidak dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri ( APD ) dan alat Keselamatan,Kesehatan Kerja ( K3 ),tidak ada buku Tamu, tidak ada Bedeng tempat penyimpanan Material dan untuk menampung Informasi serta pengaduan dari Masyarakat ( Direksi Kit ), sehingga Material yang akan digunakan Bercecer tidak tersimpan rapih, para pekerja yang menginap harus tidur di Mushola,tidak ada gambar bangunan ( Bestek ) dan RAB.

Selain itu,Abdurahman juga menemukan Kejanggalan lain,seperti Pelaksana,Pemborong maupun Pengawas tidak pernah ada di Lokasi Pekerjaan,begitu pun dengan Pengawas dari Dinas Pendidikan diduga tidak melakukan Peninjaun ke Lokasi,bahkan Pekerja pun saat dimintai Nomor Kontak Pelaksana dan Pengawas tidak mau memberikan dengan alasan tidak tahu.

‘ Anehnya lagi,Pekerjaan Rehabilitasi yang dilaksanakan di SDN Sumur Sapi rampung dikerjakan hanya dalam waktu 24 hari,padahal dalam Papan Proyek Waktu Pelaksanaan 90 Hari Kalender,Genteng Metal nya juga diduga dioplos antara yang bagus dengan yang biasa, lantaran warna genteng metal nya berbeda – beda ” Ungkap Abdurahman.

Di SMPN III Blanakan Anggota DPP LSM ELANG MAS juga melihat adanya kejanggalan,dimana Dinding yang digunakan untuk memasang Jendela dan Pintu tidak menggunakan Besi dan tidak di Cor.

” Saya akan melaporkan Temuin ini kepada Pimpinan saya agar nanti Pimpinan saya yang menindaklanjuti nya ” Pungkas Abdurrahman.

Tim/ Red


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights