PKBM Karawang Akan Terus Berkarya Untuk Kepentingan Warga Masyarakat Banyak

Spread the love

Karawang,elangmasnews.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan wadah yang dibentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemandirian warga belajar. Tujuan PKBM sendiri adalah memperluas kesempatan warga masyarakat, khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan bekerja mencari nafkah.

Memperhatikan kondisi di atas, maka sangat diperlukan Pelatihan bagi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat bagi warga masyarakat sebagai salah satu strategi peningkatan kualitas dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat sehingga mampu menghasilkan lulusan yang  kompeten dan dapat bersaing di dunia kerja.

Terkait banyak manfaat yang di dapat dari Program PKBM ketua PKBM kabupaten Karawang Asep Lesmana saat di temui di kediaman nya, PKBM Harapan Mulya
Kmp. Babakan Pasir Malang RT 002/003 Desa Parakanmulya Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang Jawa Barat (12/03/03) Ia menyampaikan kepada awak media sesuai dan Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 butir 10 yang menyatakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang sering disingkat sebagai PKBM sebagai salah satu satuan pendidikan non formal. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau lebih disingkat dengan PKBM adalah suatu wadah berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat diarahkan pada pemberdayaan potensi untuk menggerakkan pembangunan di bidang sosial, ekonomi, dan budaya.

Program-program yang diselenggarakan di PKBM dapat sangat beragam dan dapat juga tak terbatas, namun harus sesuai dengan kondisi, potensi dan kebutuhan masyarakat di mana PKBM itu berada atau dikatakan yang relevan, serta program-program itu harus bermakna dan bermanfaat. Program-program tersebut antara lain Pendidikan Kesetaraan (A,B dan C), Pendidikan Keaksaraan, Pendidikan Kewarganegaraan, Kerumahtanggaan, dan lain-lainnya. “Terangnya.

Asep Lesmana menambahkan semoga dengan adanya program PKBM ini dan hasil yang diharapkan bahwa peserta mampu meningkatkan kemampuan pengelola PKBM dalam memahami pemenuhan Standar Kompetensi Kelulusan, mendorong PKBM untuk lebih tertib dalam mempersiapkan administrasi Perangkat Kurikulum, menciptakan tertib administrasi dalam pengelolaan Organisasi dan Kemitraan PKBM, Pengelolaan Keuangan PKBM, dan Pengelolaan Dokumen hasil Belajar dan Ujian Sekolah, meningkatkan pemahaman pengelola PKBM mengenai pengawasan pembelajaran dan program. “Ucap Asep

Selanjutnya Asep Lesmana ketua forum PKBM Kabupaten Karawang Jawa Barat berharap kepada semua awak insan media sebagai kontrol sosial untuk membangun pendidikan non formal di kabupaten karawang yang lebih bermartabat. Kami sebagai FK PKBM berterimakasih kepada teman teman awak media yang menyampaikan hal -hal yang kurang positif di lapangan masukan dan saran tersebut sebagai bahan evaluasi kami untuk melakukan pembinaan ke lembaga lembaga yang menjadi anggota forum PKBM Kabupaten karawang. Dan kami berharap kerjasama nya dari Isnan media bisa mengangkat serta mendorong atau mendukung hal hal yang lebih positif agar menjadi pemacu pkbm untuk terus berkarya dan bersaing sehat dalam hal pengelolaan Pkbm di kabupaten karawang .

Lanjut Asep, Menanggapi isu yang berkembang, saya sebagai ketua Forum Kabupaten Karawang merasa prihatin, karena berita tersebut bersumber dari katanya dan terlalu absurd, tidak dilandasi dengan konfirmasi dengan berbagai pihak yang terkait sehingga apa yang menjadi publikasi ini bisa berimbang.

Mari kita bersama sama untuk mencerdaskan anak bangsa dan memberikan yang tebaik bagi warga masyarakat banyak terkhusus untuk kabupaten Karawang ini. “Pungkasnya.

Reporter : HR.Pramika


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights