Kelurahan Sekarjaya Kecamatan Baturaja timur Kab. OKU Sumsel Di Landa Banjir Musiman

Spread the love

Baturaja,elangmasnews.com –Warga kelurahan Sekarjaya Kec. Baturaja Timur Kab. OKU kembali mengalami musibah banjir akibat hujan yang deras, Minggu dini hari ( 30-04-2023 ) yang berlangsung cukup lama mulai sekitar pukul 00.00.

Akibat volume hujan yang tinggi dan cukup lama menyebabkan terjadinya banjir di beberapa RT di Kelurahan Sekarjaya Baturaja Timur, banyak rumah warga dan kios kios pedagang dipasar RS Sriwijaya yang terandam banjir.

Berdasarkan keterangan BNPB, Camat Baturaja Timur, Lurah Sekarjaya, KADINKES, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa Kel. Sekarjaya Untuk kelurahan Sekarjaya Husus nya Wilayah RS Sriwijaya ada empat ( 4 ) RT yang terkena banjir untuk pagi hari ini.

Berdasarkan dari pantauan BNPB ada beberapa titik yang dianggap paling rawan dipemukinan warga yang terdampak banjir, berdasarkan keterangan dari pihak BNPB OKU saat awak media jumpai di lokasi banjir di perumahan RS Sriwijaya.

“Untuk di Kec. Baturaja Timur titik yang paling parah yang terendam banjir adalah wilayah RT.12 Rw 04 Kek. Sekarjaya atau RS Sriwijaya, dan dari semalam sekitar pukul 01 wib kami dari BNPB sudah menghimbau warga RT 12 sekarjaya untuk selalu waspada karna curah hujan sangat tinggi”ungkap personil BNPB.

Dalam kejadian ini pihak BNPB menyiapkan 3 Perahu karet untuk membantu mengevakuasi warga yang terdampak banjir, baik itu untuk mengangkut barang berharga milik warga atupun untuk kebutuhan lainnya.

Berdasarkan keterangan ketua RW 04 Zamroni untuk wilayah RW 04 ada sekitar 200 rumah yang terendam banjir, yang ketinggian air mencapai 3 meter.

Mulai dari jam 5 subuh Camat Baturaja Timur Ogan Amrin S, STP, M. Si didampingi Lurah sekarjaya Elda Niati S. STP, MM sudah berada di lokasi banjir untuk memantau langsung warga yang terdampak banjir.

Pak Camat dan Buk Lurah didampingi RW dan RT setempat juga memantau lokasi Pasar RS Sriwijaya yang juga terendam banjir.

Sa’at dikomfirmasi oleh awak media Elangmasnews.com dilapangan camat Ogan Amrin dan Elda Niati menerangkan bahwa titik terawan banjir sa’at ini terletak di wilayah perumahan RS Sriwijaya, ketinggian air mencapai 3 meter, itu terletak di RT 12 Kel. Sekarjaya.

Kepala Dinas Kesehatan Dedi Wijaya SKM, M.Kes Didampingi Ansori SKM, M. KM mengatakan ” Kami dari Dinas Kesehatan sudah mendirikan Posko Posko Kesehatan di beberapa tempat di wilayah OKU bagi warga yang terdampak banjir, dan untuk jumlah posko nya tidak kami batasi, berapa yang diperlukan akan kami siapkan posko kesehatan bagi warga yang terdampak banjir.

Ibu RW 04 RS Sriwijaya dan sejumlah RT dan warga Rs Sriwijaya mengatakan kepada awak media, “bantu kami pak, kami ini sudah berapa tahun ini terkena banjir terus tapi bapak bapak pejabat belum pernah ada bantu kami selama kami kena banjir, kerugian kami banyak pak akibat banjir ini” ungkap warga.

Berdasarkan pantauan dilapangan ada beberapa jalan poros dan jalan gang diwilayah Kel. Sekarjaya Kec Baturaja Timur yang lumpuh total yang tidak bisa sama sekali dilewati oleh kendaraan, baik roda empat atau pun roda dua, seperti jalan Imam Bonjol yang menghubungkan Desa Air Paoh menuju ke villa Dago, RS Holindo Dan Trans Batumarta.

Kapolsek Baturaja Timur AKP Hamid, SH melalui Bhabinkamtibmas Aipda Iqbal menginstruksikan untuk segera memantau langsung kelapangan daerah yang terdampak banjir di wilayah kecamatan Baturaja Timur.

Berdasarkan keterangan yang kami dapat Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Baturaja Timur sudah ada dilokasi banjir sejak pukul 05:00 wib.

( Jovy )


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights