Gelar Khusus Polda Sulsel terhadap Kasus dugaan Pengeroyokan di Pasar Butung diduga Tidak Adil dan Merugikan Korban

Spread the love

MAKKASAR,ElangMasNews.Com
Humas Pasbut & Lawyer KSU Bina Duta (KURDAS & HAGAN) menyatakan kekecewaan terhadap hasil gelar khusus yang dilakukan oleh Polda Sulsel pada tanggal 19 September 2024. Gelar khusus tersebut dinilai tidak akuntabel dan tidak berkeadilan hukum terhadap klien mereka, An. Herman, yang menjadi korban pengeroyokan di Pasar Butung.

KURDAS & HAGAN menilai bahwa keputusan Wadirkrimum Polda Sulsel untuk menunda penahanan tersangka R. Cs merupakan keputusan yang keliru dan tidak adil.

Mereka mempertanyakan kredibilitas Wadirkrimum Polda Sulsel dalam membuat kesimpulan dan rekomendasi hasil gelar khusus.

KURDAS & HAGAN mengungkapkan beberapa kejanggalan dalam hasil gelar khusus, antara lain:

– Saksi Tidak Netral:
Wadirkrimum Polda Sulsel menyatakan bahwa saksi yang dihadirkan oleh KURDAS & HAGAN di Polres Pelabuhan tidak netral.

Padahal, tidak ada satupun dalam Pasal 184 KUHAP yang menegaskan bahwa saksi harus netral.

– Penangguhan Penahanan:

Penangguhan penahanan tersangka R. Cs. hanya didasarkan pada alasan menghindari praperadilan, tanpa mempertimbangkan dampak sosial dari keputusan tersebut.

Tersangka R. Cs. merupakan preman yang berkedok security di Pasar Butung.
– Pengabaian Hak Korban: KURDAS & HAGAN menilai bahwa keputusan gelar khusus mengabaikan hak mereka sebagai korban pengeroyokan.

Mereka telah bersusah payah menghadirkan alat bukti, namun Wadirkrimum Polda Sulsel dengan mudahnya mengabulkan permohonan penangguhan penahanan tersangka.

KURDAS & HAGAN menyatakan bahwa mereka akan melakukan Dumas (Daftar Urusan Masalah) Wadirkrimum bersama peserta gelar lainnya ke Mabes Polri untuk meminta keadilan.

Mereka juga akan memeriksa semua peserta gelar yang terlibat dalam keputusan yang merugikan mereka.

KURDAS & HAGAN menegaskan bahwa jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap diri tersangka R.Cs di luar sana, maka

Wadirkrimum Polda Sulsel harus siap bertanggung jawab. Mereka juga meminta Wadirkrimum Polda Sulsel untuk bertanggung jawab jika terjadi lagi aksi premanisme di Pasar Butung.

KURDAS & HAGAN menyatakan bahwa tersangka R. Cs merupakan pelaku yang hanya disuruh oleh seseorang dalam peristiwa penyerangan premanisme di Pasar Butung.

Masih menurut Humas KURDAS &HAGAN, Mereka khawatir bahwa jika tersangka R. Cs dibebaskan,maka sama saja dengan melepaskan preman dan mendukung aksi premanisme di Pasar Butung.

Jurnalis : Bara

Sumber
Humas Pasbut & Lawyer KSU Bina Duta (KURDAS & HAGAN)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights