Disparbud kabupaten karawang berupaya untuk menggalakan desa wisata

Spread the love

KARAWANG,ElangMasNews.Com Disparbud kabupaten karawang berupaya untuk menggalakan desa wisata terutama kabupaten Karawang,Rabu, 23 Oktober 2024 Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang Zaeni beserta Jajaran mengunjungi Kawasan Cagar Budaya Nasional Batujaya yang berlokasi di kecamatan pakisjaya.

Serta mengamati proses ekskavasi di Situs Telagajaya |(Candi Serut) yang terletak di Desa Telukbuyung,Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang.

Ekskavasi pertama dilakukan di Situs Telagajaya l A pada 2007-2010. Kemudian dilanjutkan dengan ekskavasi Situs Telagajaya l B. Saat ini tengah berlangsung ekskavasi Situs Telagajaya I D.Ekskavasi ini dilaksanakan pada 14 Oktober sampai dengan Desember 2024 oleh tim dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX (Jawa Barat)
yang dibantu oleh warga sekitar.

Kawasan Cagar Budaya Nasional Batujaya
merupakan multicomponent sites Di dalamnya terdapat peninggalan kebudayaan Buni pada masa prasejarah dinas prasasti dan kebudayaan masa Klasik/Hindu-Buddha.

Tepatnya pada masa Kerajaan Tarumanagara
Berdasarkan SK Mendikbud Nomor 76/M/2019,kawasan cagar budaya nasional ini memiliki luas 337 hektar, yang terdiri atas zona inti, zona penyangga,A dan zona pengembangan.

Reporter Suci


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights