Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bekerja sama Ekraf menggelar KURASI KETUK TILU -JAIPONGAN

Spread the love

Karawang,ElangMasNews.Com  –
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bekerja sama Ekraf menggelar KURASI KETUK TILU -JAIPONGAN yang di gelar pada hari mimggu 19 /5/2024 di aula. Universitas Buana Perjuangan Karawang.

 

Karawang merupakan tempat tinggalnya para seniman seniwati juga para budayawan di Jawa Barat. Dari tangan – tangan terampil merekalah tidak sedikit para seniman yang mengharumkan nama Kabupaten Karawang dikancah Nasional bahkan Internasional.

Hal tersebut disampaikan oleh H Jaeni,.S.Pd,.M.Pd,. Kepala Dinas (Plt) Pariwisata & Kebudayaan Kabupaten Karawang, saat menghadiri Kegiatan Kurasi Ketuk Tilu Jaipong di Aula Universitas Buana Perjuangan, Kabupaten Karawang. Minggu (19/5/2024).

Kurasi Ketuk Tilu Jaipong
Kembali disampaikan oleh H Jaeni, untuk menyelami pesona kekayaan seni pertunjukan budaya khas Karawang, menjadi langkah elegan dalam memahat kembali tradisi yang terpatri hingga menjadi sebuah identitas jati diri Kota Karawang.

Bukan hanya itu, H Jaeni juga bersyukur, Kabupaten Karawang saat ini telah diuji petik oleh Kemenparekraf PMK3i dan telah resmi menjadi bagian dari ‘Kata Kreatif’ atau Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia dengan subsektor unggulannya, yaitu Seni Pertunjukannya.

Kurasi Ketuk Tilu Jaipong
“Insyaa Allah ini adalah jalan panjang menuju Branding ” Karawang Creative City”, dalam rangka menguatkan budaya khas ke-Karawangan kami selaku Disparbud mewakili Pemerintah Kabupaten Karawang berkolaborasi dengan berbagai pihak, & nantinya lanjutan dari acara ini akan menggelar “Pesta Kesenian Rakyat”, yang akan dilaksanakan di Desa Wisata Kreatif Karangjaya, Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang dari tanggal 29 – 30 Mei 2024 mendatang,” Ungkap H Jaeni.

“Sebagai bukti nyata kami, mendorong para pelaku industri kreatif di Kabupaten Karawang,”diungkapkan kembali oleh H Jaeni.

Kurasi Ketuk Tilu Jaipong
Menurut Fazryan Wardani Adhitya,.S.Tm,.S.E,. Selaku Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparbud Karawang, di dalam sambutannya mengatakan bahwa acara Kurasi Ketuk Tilu Jaipong ini berhasil menarik perhatian para penggemar Seni & Budaya tradisional Karawang.

“Ini merupakan salah satu ikhtiar kami selaku bidang Ekraf di Disparbud Karawang, yang mendorong para pelaku Industri Kreatif, terutama para seniman pertunjukan dengan mengadakan Kurasi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas SDM yang berkualitas,” Kata Fazryan Wardani.

Selain itu, Kembali disampaikan oleh Fazryan, Acara ini juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menampilkan keahlian ‘mereka’ Para seniman, dalam seni tari Jaipong Ketuk Tilu Karawangan. “InsyaAllah Kesenian Karawang akan terus maju & berkembang,” Yankinnya.

Dalam kesempatan ini, Direktur Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Karawang, Rahmat Wiguna menyatakan dalam sambutannya, dengan penuh kebanggaan dalam menyelenggarakan acara Kurasi Ketuk Tilu Jaipong ini, yang bekerjasama dengan Universitas Buana Perjuangan sebagai kolaborator yang memberikan fasilitas Gedung Aulanya sebagai tempat penyelenggaraannya.

Bukan hanya UBP yang memberikan fasilitas tempat dan yang lainnya, Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu atas terselenggaranya acara yang telah mengangkat para seniman Karawang ini, diantaranya ; B-Net, Bank BJB, Sanema Tour, Centro Digital Printing, Lapak Aep, PT Trijaya Teknik, Mercure, Brits Hotel, juga tentunya Diskominfo dan serta para media partner.

Tidak ketinggalan, Luthfi Ansori selaku Deputy Bidang Program & Kerjasama Komite Ekraft & juga sebagai Ketua Pelaksana acara ini, mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur, acara ini dibuka secara langsung oleh Kadisparbud Karawang (Plt) H Jaeni,.S.Pd,.M.Pd,. Yang secara keseluruhan jumlah pesertanya sebanyak 95 Orang dari 18 sanggar yang telah terdaftar. Diantaranya Kurasi Jaipong tunggal yang berjumlah 18 Orang & Jaipong Rampak berjumlah 14 Group.

Kembali disampaikan oleh Luthfi, untuk mendapatkan hasil yang objektif, Kurasi ini tentunya menghadirkan para Dewan Juri Profesional yang didatangkan dari berbagai Kota/Kabupaten baik dari dalam dan diluar Kabupaten Karawang, diantaranya Setyawati,.S.Sn, dari Kabupaten Subang, Prof,.Dr,.Anggy Giri Prawiyogi,.M.Pd,.M.Sn., dari Purwakarta, dan Siti Hani Rohaeni,.S.Sn., dari Kabupaten Karawang.

“Mudah – mudahan acara ini memberikan dampak positif bagi para pelaku Seni pertunjukan, terutama dengan munculnya generasi baru yang lebih kreatif & innovatif untuk kedepannya,” Haraf Luthfi.

Tidak lupa, Luthfi juga selaku panitia mengundang seluruh masyarakat Karawang untuk hadir pada tanggal 29 – 30 Mei 2024 mendatang, di acara Seni Pertunjukan Jaipong Ketuk Tilu & Topeng Banget dalam gelaran “Pesta Kesenian Rakyat” di Desa Wisata Kreatif Karangjaya, Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang.

“Berbagai kegiatan menarik tentunya akan kami hadirkan di acara tersebut, sekaligus Launching Desa Kreatif Karangjaya, yang InsyaAllah Akan diresmikan langsung oleh Bupati Karawang, Bapak H Aep Syaepuloh,.S.E,.” Pungkasnya.

Reporter : Suci


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights