Dalam Rangka Ruat Laut/Syukuran Nelayan ke 57 KUD Mandiri Mina Fajar Sidik Blanakan,Panitia Persiapkan Merakit Dongdang.

Spread the love

Blanakan Subang.elangmas news com/ Dalam rangka Ruat Laut/Sukuran Nelayan yang ke 57 KUD Mandiri Mina Fajar Sidik Blanakan,Desa Blanakan,Kecamatan Blanakan,Kabupaten Subang Jawa Barat,Pengurus KUD Mina Fajar Sidik Blanakan jauh jauh hari sudah membentuk panitia dalam hal semua bidang.

Di antaranya panitia yang di tugaskan untuk merakit Dongdang yang nanti pada hari H Minggu 20 oktober 2024 akan di laksanakan. dan prangkat Dongdang tersebut yang nantinya akan di Larung ke lautan luas,pada Jumat 18 Oktober 2024,panitia merakit Dongdang untuk persiapan di hari H Minggu 20 oktober 2024.

Dalam tradisi adat Budaya yang setiap tahun di laksanakan KUD Mandiri Mina Fajar Sidik Blanakan,biasanya Dongdang akan di Larungkan bareng bersama kepala kerbau dan juga darah kerbau ke lautan luas.

Menurut keterangan Manajer KUD Mina Mandiri Mina Fajar Sidik Blanakan Tirto Sudiro yang di mintai keterangan di Ruang Kerjanya mengatakan,” untuk perakitan Dongdang,itu adalah sebuah alat atau simbol yang sangat sakral yang setiap tahun kami buat untuk di Larung ke laut.Dongdang tersebut bukanlah alat persembahan,namun Dongdang adalah alat yang sakral dalam adat budaya Ruat Laut/Sedekah Laut yang setiap tahun kami adakan.

Ruat Laut adalah,rasa puji syukur para nelayan terhadap sang pencipta Alam, Allah SWT.yang telah melimpahkan banyak rezeki kepada para nelayan lewat tangkapan ikan di lautan yang begitu luwasnya.

Harapan kami ke depan instansi terkait bisa mendukung dalam kegiatan Ruat Laut yang setiap tahun kami adakan,terutama Dinas pariwisata,bahwa Rut laut ini adalah bentuk melaksanakan Adat Istiadat nenek moyang dari jaman dulu yang harus tetap di lestarikan serta di jaga kelestarian budayanya,biar Adat Budaya tersebut tidak akan hilang walau di jaman moderenisasi sekarang ini terus menggerus adat budaya ucap Tirto Sudiro pada Awak Media (Bebeng)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights