Camat Rengasdengklok Atasi Permasalahan Stunting Dengan Komunikasi,Kolaborasi Dan Koordinasi Yang Baik Dengan Semua Pihak

Spread the love

Karawang,elangmasnews.com Saat ditemui Team media elangmasnews.com Camat Rengasdengklok ,Dede Tasria Mengutarakan bahwa permasalahan Stunting tidak bisa diatasi oleh pihak kecamatan saja ,akan tetapi harus ada komunikasi, kolaborasi dan koordinasi dalam mengintervensi itu.

“Dengan Komunikasi ,kolaborasi dan koordinasi dengan Tenaga Kesehatan (puskesmas),Polsek,Koramil,Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan seluruh lapisan warga masyarakat,maka kami yakin kedepan permasalahan Stunting bisa menurun persentase nya dengan signifikan”,Tegas Dede Tasria,dikantornya Rabu (15/03/2023).

Dikecamatan Rengasdengklok ada 3 Desa yang ada Stuntingnya yaitu Desa kalangsurya ,Karyasari dan Rengasdengklok Utara.

Waktu itu yang terdaftar di Dinas kesehatan ada 41 anak yang terkena Stunting di wilayah Rengasdengklok utara,ternyata setelah di intervensi oleh kami pihak kecamatan,Polsek,Danramil dan pihak puskesmas,kader-kader posyandu, itu ternyata hanya ada 11 orang yang terkena Stunting.

intervensi yang paling nyata itu ada di Posyandu ,karena mulai dari berat badan ditimbang ,tinggi badan diukur dan diberi Asupan Gizi yang bagus untuk pertumbuhan anak-anak Balita.

untuk mengatasi permasalahan Stunting Saya yakin dan percaya pola makan itu sangat menentukan dan pola asuh ,jangan sampai anak dibawah 2 tahun dikasih makan Ciki dan juga pola hidup bersih .

kami menghimbau kepala desa dan perangkat yang dibawah, karena saat ini masih musim penghujan , diharapkan saluran- saluran drainase diperbaiki atau kerja bakti membersihkan sampah-sampah yang menghambat saluran tersebut dan juga agar ada himbauan dilarang membuang sampah sembarangan .

Stunting adalah suatu kondisi fisik (Badan) yang tumbuh kembangnya tidak sesuai dengan umurnya dalam artian pertumbuhannya lambat,tentunya disebabkan beberapa faktor ,diantaranya kurangnya asupan Gizi dan Pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kami menghimbau kepada masyarakat khususnya yang punya balita , makannya harus dijaga ,terus sering ikut kegiatan di Posyandu, karena di Posyandu itu akan terdeteksi penyakit apa saja yang ada di Balita”,Pungkas Camat Rengasdengklok .(Red)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights