Apih Kasur Menemukan 7 manfaat Daun Karuk Untuk Kesehatan ,Terutama Untuk Pengobatan Sesak Nafas

Spread the love

Apih Kasur Ahli Pengobatan Herbal
Apih Kasur Ahli Pengobatan Herbal

Herbal ,elangmasnews.com – Beberapa manfaat dari daun Karuk di bawah ini beberapa di antaranya telah melalui tahap penelitian, meskipun masih ada beberapa yang masih dipercaya secara tradisional. Beberapa di antaranya yakni:

1. Mengobati Batuk
Dalam Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada, tercatat bahwa daun karuk merupakan tanaman semak famili Piperaceaeyang biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk obat batuk dan asma.

Di Indonesia, penelitian mengenai daun karuk masih belum banyak dilakukan, terutama terhadap sifat anti-bakteri yang dimilikinya.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak etanol dalam daun Karuk (Piper sarmentosum Roxb) mempunyai aktivitas anti-bakteri terhadap Streptococcus pyogenes yang merupakan bakteri penyebab batuk dan asma.

Salah satu caranya yakni dengan iris halus daun Karuk dan direbus bersama daun tulasi, kulit kayu manis, jahe, cengkeh dan kapulaga dalam sedikit air.

2. Mengobati Asma
Repository Universitas pelita Harapan (UPH) mencatat bahwa di Indonesia, daun Karuk sering digunakan sebagai obat alami dan mampu menyembuhkan infeksi saluran pernapasan akut.

Oleh karena itu diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun karuk terhadap aktivitas antibakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan minuman formulasi ekstrak daun karuk yang memiliki daya antibakteri kuat dengan perbandingan air jeruk nipis: madu 1:2 dan dosis ekstrak 3 MBC membantu menyembuhkan asma.

3. Menurunkan Tekanan Darah

BMC Complementary Medicine and Therapies mencatat bahwa stres oksidatif dan rendahnya ketersediaan oksida nitrat, menyebabkan peningkatan ketegangan dinding pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Daun Karuk memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan sangat bermanfaat dalam memperbaiki penyakit kardiovaskular khususnya hipertensi.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa daun Karuk memberikan dapat mengurangi kerusakan stres oksidatif, dan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Memiliki Sifat Diuretik
Daun Karuk dikenal bersifat diuretik sehingga cenderung merangsang buang air kecil yang dapat membantu proses detoksifikasi.

Jus daun daun Karuk yang dicampur dengan susu manis diklaim dapat membantu merangsang buang air kecil dan juga membantu menjaga kadar air dalam tubuh.

5. Dapat Menyembuhkan Kolik
Daun Karuk yang diolesi minyak jarak, dihangatkan dengan lembut dan setelah itu dioleskan ke perut bayi baru ampuh untuk pengobatan sakit perut.

Hal ini dipercaya secara tradisional dan turun temurun untuk memberikan bantuan cepat saat bayi memiliki penyakit kolik.

6. Membantu Mencegah Kerusakan Gigi

Air rebusan sebanyak 5-6 lembar daun Karuk dapat digunakan untuk membersihkan mulut pada pagi dan malam hari.

Air rebusan ini diklaim dapat mengurangi bau mulut, serta memperkuat gusi dan menghindari pembusukan gigi yang pada akhirnya dapat membantu sebagai pencegah kerusakan gigi.

7. Membantu Mengobati Migrain
Daun Karuk memiliki sifat penghilang rasa sakit dan juga memberikan efek dingin. Di Malaysia, daun ini digunakan untuk mengobati migrain, radang sendi dan nyeri sendi.

(Red).


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights