Kabupaten Karawang menggelar Rapimkab II dan Pengukuhan Pengurus Pergantian Antar Waktu Kadin Karawang

Spread the love

Karawang,elangmasnews.com -Kabupaten Karawang menggelar Rapimkab II dan Pengukuhan Pengurus Pergantian Antar Waktu Kadin Karawang, Rabu 26 Juli 2023. Hadir dlam acara tersebut Sekretaris Daerah Karawang Acep Jamhuri mewakili Bupati Karawang, Ketua Kadin Jawa Barat H. Cucu Suntara, Ketua Kadin Karawang Fadudlin Damanhuri, Dewan Penasehat Kadin Karawang Soni Hersona, Ade Swara, Anggota DPR RI Putih Sari, serta para pelaku industry dan pengusaha juga Pengurus Kadin dan undangan .Acara tersebut mengangkat tema “Penguatan Pengusaha Lokal Dalam Menjalin Kemitraan Industri”

Sekda Karawang Drs. H. Acep Jamhuri membuka acara Rapat Pimpinan Kabupaten (Rapimkab) Kamar Dagang Industri di Asia Link Hotel dalam sambutanya, Sekda menyampaikan peran kelembagaan sangat diperlukan dalam pemenuhan pembangunan daerah, salah satunya dari Kadin.

“Peran strategis Kadin tentu bakal memberikan dampak positif terhadap pengembangan daerah,” ucap Sekda.

Oleh karena itu, menurut sekda diperlukan penguatan kelembangaan sehingga peran dan fungsi Kadin dapat terlaksana maksimal.

Masih kata Sekda, peran Kadin Karawang sangat penting dalam rangka menciptakan iklim investasi yang baik.

“Melalui rapat evaluasi ini, diharapkan dapat memperkuat Kadin Karawang ke depan untuk lebih maksimal dalam menjalankan berbagai program-program yang dapat membantu pemerintah membangun daerah,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Kadin Karawang Fadludin Damanhuri menyampaikan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Karawang melakukan terobosan dengan mengesahkan program pendirian Sekolah Ilmu Logistik di Kabupaten Karawang.

“Dalam Rapimkab II Kadin Kabupaten Karawang tahun 2023, salah satu programnya adalah mengesahkan pendirian Sekolah Ilmu Logistik di Kabupaten Karawang,” ucap Ketua Kadin Kabupaten Karawang Fadludin Damanhuri.

Menurut Fadel sapaan Fadludin Damanhuri, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 18 tahun 2022, Kadin diamanatkan untuk merevitalisasi vokasi (keahlian) atau menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berdaya saing di Kabupaten Karawang.

Fadel mengatakan, pihaknya menangkap di sektor logistik ini ada peluang untuk penyerapan tenaga kerja kedepannya, dan akan meningkat seiring dengan bertumbuhnya perekonomian.

Jadi pola pendidikan Sekolah Ilmu Logistik ini, terang Fadel, berbasis kompetensi, sehingga lulusannya akan siap bersaing didunia kerja karena memiliki keahlian, dengan sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Sekolah Ilmu Logistik ini telah terwujud dan disahkan bersamaan dengan Rapimkab ini, dan sudah disosialisasikan ke SMK-SMK, termasuk juga kepada mereka yang sudah bekerja,” ujarnya lagi.

Dikatakan Fadel, sudah 32 SMK di Kabupaten Karawang yang saat ini sudah bekerjasama dengan Kadin, dengan materi yang disampaikan yakni, terkait kewirausahaan dan membangun budaya industri.

Sementara Ketua Kadin Jabar Cucu Sutara mengatakan, Kadin adalah mitra strategis pemerintah antara bidang perindustrian, perekonomian, bidang investasi jasa dan sumber daya manusia.

“Kadin adalah mitra strategis pemerintah, untuk bagaimana membangun ekonomi yang berkelanjutan di Kabupaten Karawang. Dan, Kadin Karawang harus selalu bisa berkontribusi kepada pemerintah daerah,” ujar Cucu.

Keputusan Presiden, lanjut Cucu, mengamanatkan Kadin untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Untuk meningkatkan sumber daya manusia bisa melalui beragam pelatihan, baik dari pelatihan keuangan, pemasaran industri dan sebagainya.

Reporter : Suci


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Verified by MonsterInsights